Eh da yg nyasar ke blog ku yah? hehe,,
Sesuai namanya "sederhana saja"
hanya mencoba berbagi hal-hal sederhana dgn cara yang sederhana,
jd y emg bner2 sederhana bgt gni isinya, heuheu

Senin, 26 Juli 2010

Abstrak proposalku

Intisari

PRODUKSI DAN KARAKTERISASI FIKOSIANIN DAN MINYAK DARI Spirulina platensis YANG DIBIAKKAN DALAM LIMBAH CAIR INDUSTRI KELAPA SAWIT

Yunika Mayangsari

09/291088/PMU/06031

Biaya produksi dapat ditekan dengan memproduksi sendiri suatu komponen bioaktif menggunakan bahan baku yang murah seperti limbah industri. Pada penelitian ini Spirulina platensis akan ditumbuhkan pada media Limbah Cair Industri Kelapa Sawit (LCIKS) yang non toksik, mengandung glukosa dan hidrolisat protein sebagai substrat pertumbuhan S. platensis secara heterotrof. Fikosianin merupakan pigmen yang menyusun sekitar 20% bobot kering dari Spirulina platensis, merupakan bahan baku dalam industri dengan nilai ekonomis tinggi mengingat berbagai macam fungsinya antara lain sebagai bahan aktif kosmetika dan pewarna makanan. Kebutuhan komponen yang mengandung asam lemak pada saat ini terus meningkat, karena pentingnya manfaat asam-asam lemak sebagai suplemen makanan, pertumbuhan sistem syaraf, kualitas pakan ikan, diet berbagai usia dan lain-lain.

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh konsentrasi Limbah Cair Industri Kelapa Sawit (LCIKS) terhadap produksi biomassa S. platensis, fikosianin dan minyak; karakterisasi fikosianin dari biomassa S. platensis yang ditumbuhkan pada medium LCIKS ; dan mengetahui profil asam lemak pada minyak dari biomassa S. platensis yang ditumbuhkan pada medium LCIKS. Penelitian akan dimulai dengan menumbuhkan S.platensis pada LCIKS konsentrasi 25%, 50% dan 100% dan medium sintetik Zarouks sebagai kontrol. Selanjutnya akan dilakukan isolasi fikosianin dan karakterisasi meliputi penentuan bobot molekul fikosianin, pengukuran absorbansi maksimal dan penentuan asam amino penyusun fikosianin. Kemudian akan dilakukan ekstraksi minyak yang mengandung asam lemak dan karakterisasi profil asam lemaknya.

Kata kunci: Spirulina platensis, fikosianin, asam lemak, limbah cair industri kelapa sawit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar