Eh da yg nyasar ke blog ku yah? hehe,,
Sesuai namanya "sederhana saja"
hanya mencoba berbagi hal-hal sederhana dgn cara yang sederhana,
jd y emg bner2 sederhana bgt gni isinya, heuheu

Selasa, 27 Juli 2010

TIPS BIKIN KUE PART 1- BIAR CAKE GA BANTET

Hai..hai.. kali ini wat yang suka bikin kue, saya kasih oleh2 dr kesasar di toko buku siang tadi, tips2 yg oke punya, smg bermanfaat:
TIPS BIKIN KUE (PART 1) BIAR KUE ENGGA BANTET………….
 yang pastinya kamu harus siapin alat2 yg dibutuhkan dlm pembuatan kuenya dr mixer, oven, timbangan, Loyang dan bahan2nya. Yang enak makenya dan kans suksesnya lbh besar si emang oven listrik krn bisa disetel suhu dan waktunya. Tapi saya enggak pake oven listrik, saya sih pilih oven alumunium, kenapa? Soalnya enggak punya hehehehe (primitiff… aye!). Nah bagi yg nasibnya spti saya, ada tips yg bs dicoba, yaitu pake Loyang bekas isi pasir trus taro di bagian oven plg bawah. Pasir ini fungsinya utk meratakan panas, dan juga pilih tungku kompor yang sesuai dengan besar oven yah. Dan jangan lupa panasin oven selama 10 menit sebelum adonan kue masuk, ok.
 Cake Bantat
Penyebab:
• Pengadukan mentega terlalu lama
• Panas oven kurang cukup
• Jumlah emulsifier kurang
Solusi:
 Teknik Pengocokan
• Berdarkan teknik pengocokan, umumnya dikenal dua macam cake, yaitu sponge cake butter cake. Perbedaannya terletak pada urutan bahan yang dikocok. Tekstur sponge cake lembut dan ringan serta tahan 4 hari. Contohnya, bolu dan lapis cake. Sedang butter cake padat tahan hingga 7 hari, contoh fruit cake dan marmer cake.
• Untuk Sponge Cake, perhatikan tekstur adonan ketika mengocok. Cake akan mengembang tidak sempurna jika adonan dikocok terlalu lama. Tandanya jika diangkat, adonan tidak jatuh. Kocok dengan mikser berkecepatan tinggi selama 5 menit.
• Untuk Butter Cake, kocok putih telur hingga kaku, sisihkan. Kocok mentega dan gula hingga putih dan lembut seperti krim sekitar 10 menit. Masukkan kuning telur satu persatu, kocok hingga tercampur rata. Campur adonan dengan bahan yang lain.
 Teknik Pengaturan Suhu
• Untuk cake dengan ketinggian 2-2,5 cm, diperlukan suhu oven 2000C selama 20-25 menit. Nah…lagi2 gmn kl ovennya msh alumunium? Panasin oven dulu pake api sedang aja, jgn besar nanti kuenya keriput, pas pemanggangan setelah 20 menit dicek kuenya pake lidi bersih. Ada yang bilang pake thermometer khusus wat oven, hm…boleh c dicoba, tp saya juga blm nyoba, blum tau belinya dimana, so far pake feeling Alhamdulillah msh aman terkendali.
• Untuk cake tebal 5 cm, diperlukan suhu oven 1800C selama 30 menit. Untuk suhu 170 -180 ini bisa diganti dgn api sedang.
 Tambahkan emulsifier sesuai takaran pada resep.
Insya Allah bakal ada tips2 lain yg nyusul, sukur2 resepnya skalian, klo resep di blog lain pasti uda melimpah, ntar yg uda dicobain aja^^.

Sumber: Membuat Kue dan Roti (Yudowinoto, P) dan pengalaman pribadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar